Jumat, 21 Februari 2014

RPP Integral Kurikulum 2013

RENCANA PRLAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           :    *******************
Kelas/ Semester               :    XI/ 2
Mata Pelajaran                 :    Matematika
Materi Pokok                   :    Integral
Pertemuan ke-                  :    103 dari 108 pertemuan
Alokasi Waktu                 :    2 x 45 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
2.1    Menunjukkan sikap senang, motivasi internal, bekerjasama, dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2    Memiliki sikap tanggung jawab dan responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
3.28 Mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Sikap
1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran integral
2.      Bekerjasama dengan kegiatan kelompok dengan baik
3.      Responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dengan baik

Pengetahuan
1.      Mengidentifikasi dan menentukan pola turunan suatu fungsi
2.      Menentukan kebalikan dari turunan suatu fungsi
3.      Menemukan konsep integral tak tentu suatu fungsi


Keterampilan
1.      Menyajikan hasil temuan konsep integral tak tentu suatu fungsi serta menerapkannya dalam pemecahan masalah yang sederhana

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan kegiatan diskusi dan kelompok dalam pembelajaran integral diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran, kritik, serta dapat
1.      Mengidentifikasi dan menentukan pola turunan suatu fungsi
2.      Menentukan kebalikan dari turunan suatu fungsi
3.      Menemukan konsep integral tak tentu suatu fungsi

E.     MATERI AJAR

F.     PENDEKATAN/ MODEL/ METODE PEMBELAJARN
-          Pendekatan pembelajaran: pendekatan saintifik (scientific)
-          Model pembelajaran: Pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning)
-          Metode pembelajaran: Tanya jawab dan diskusi.

G.    MEDIA/ ALAT/ SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media              :    LKS, Slide Show
2.      Alat/ Bahan     :    Proyektor, Laptop, Papan tulis, Spidol, Penghapus.
3.      Buku Sumber  :   
-          Matematika Aplikasi Untuk SMA dan MA Kelas XII Program Studi Ilmu Alam. Penyusun: Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S.
-          Matematika SMA Kelas XII . Penyusun: Herynugroho dkk.
-          Matematika Bilingual Untuk SMA/ MA Kelas XII IPA Semester 1 & 2. Penyusun: suwah Sembiring dkk.


H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan/ Pendekatan Saintifik
Syntak Model Pembelajaran
Uraian Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

Orientasi:
1. Guru mengecek kehadiran siswa dengan menyebutkan satu persatu nama-nama siswa
15 menit

2. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin do’a sebelum belajar dan setelahnya guru bersama-sama dengan siswa membacakan do’a dipandu oleh siswa yang telah ditunjuk

Fase 1:
Orientasi peserta didik kepada
Masalah
Motivasi:
3. Sebagai pembuka pembelajaran, guru memberikan gambaran tentang pentingnya mempelajari konsep   integral dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Guru menyampaikan tujuan mempelajari konsep integral

Apersepsi:
5. Guru memberikan contoh kasus yang berhubungan dengan diferensial untuk memperoleh definisi integral

Inti
Mengamati

6. Guru bertanya kepada siswa bagaimana mengaitkan konsep diferensial dengan konsep integral, serta menampilkan permasalahan-permasalahannya dalam slide show.
60 menit

Fase 2: Mengorganisasikan peserta didik
7. Guru meminta siswa mengamati dan memahami masalah secara individu dan mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait masalah yang disajikan.
Menanya
8. Bila ada siswa mengalami masalah, guru melakukan tanya jawab dan mempersilahkan siswa   lain untuk memberikan tanggapan.

9. Selanjutnya guru membuka cakrawala penggunaan konsep diferensial untuk mendapatkan definisi konsep integral.

10. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 3 orang.

11. Guru membagikan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berisikan langkah-langkah untuk memperoleh definisi konsep integral.
Menalar
Fase 3:
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
12. Guru meminta siswa berkolaborasi dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah.

13. Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.

14. Guru memberikan kesempatan kepada kelompok untuk bertanya hal-hal yang kurang dipahami.
Mencoba
Fase 4:
Mengembangkan da menyajikan hasi karya
15. Guru meminta siswa menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara rapi, rinci, dan sistematis.

16. Guru berkeliling mencermati siswa bekerja menyusun laporan hasil diskusi, dan member bantuan, bila diperlukan.
Jejaring
17. Guru meminta siswa menentukan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan laporannya di depan kelas.

18. Guru memilih satu kelompok (tidak harus yang terbaik) untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.

Fase 5:
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
19. Guru memberikan kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan dan penyempurnaan terhadap hasil diskusi.

20. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi kelompok

21. Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai integral sebagai kebalikan dari turunan suatu fungsi.

22. Guru memberikan 2 soal yang   berkaitan dengan konsep integral. Dengan tanya jawab siswa dan guru menyelesaikan kedua soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat.

Penutup

23. Siswa diminta menyimpulkan tentang definisi integral.
15 menit

24. Dengan bantuan slide show guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai konsep integral.

25. Guru memberikan tes tulis yang berupa soal dan dikerjakan di rumah.

26. Guru memberikan angket penilaian kepada siswa.

27. Guru memberikan gambaran materi pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk membaca serta mempelajarinya.

28. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
Teknik penilaian    :    Penilaian diri, pengamatan, tes tulis
Prosedur penilaian  :
No
Aspek yang dinilai
Teknik
Waktu Penilaian
1.
Sikap
1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran integral
2.      Bekerjasama dengan kegiatan kelompok dengan baik
3.      Responsif terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dengan baik

Penilaian diri
Penyelesaian proses pembelajaran
2.
Pengetahuan
1.      Mengidentifikasi dan menentukan pola turunan suatu fungsi
2.      Menentukan kebalikan dari turunan suatu fungsi
3.      Menemukan konsep integral tak tentu suatu fungsi
Tes tulis
Penyelesaian tugas individu/ kelompok
3.
Keterampilan
1.      Menyajikan hasil temuan konsep integral tak tentu suatu fungsi serta menerapkannya dalam pemecahan masalah yang sederhana
Pengamatan
Saat diskusi dan penyelesaian tugas individu/ kelompok



Instrumen Penilaian Pembelajaran
Tes tulis
Penyekoran  diberikan tidak hanya untuk  jawaban  akhir, tetapi  juga  proses  pemecahan  masalah yang  meliputi  pemahaman,  komunikasi  matematis (ketepatan  penggunaan  simbol  dan  istilah),  penalaran  (logis),  serta  ketepatan  strategi memecahkan masalah.




Mengetahui,
Kepala Sekolah


Guru Mata Pelajaran




(.......................................)
NIP. ...............................





(....................................)
NIP. ...........................